Label

Minggu, 10 April 2011

Briptu Norman dan Citra Polisi

           Dunia maya selalu menghadirkan sensasi dan beragam ekspresi manusia. Khususnya di Indonesia publik terkadang jenuh dengan berbagai pemberitaan media seputar dunia politik negeri ini lewat tingkah para elit negeri yang memperagakan perilaku-perilaku yang kontroversial, mulai dari kasus Mafia Century, Mafia Pajak, Mafia Hukum, mafia kelamin hingga yang terbaru publik dihebohkan dengan tingkah anggota DPR kita sedang menonton video porno saat sedang rapat dewan.
           Ditengah pemberitaan-pemberitaan tersebut tiba-tiba semua mata tertuju ke sosok Briptu Norman, seorang Brigadir Polisi dari Gorontalo yang mendadak menjadi artis di dunia maya lewat aksi bergaya Shakrukh Khan dalam video ''Chaiyya-Chaiyya''. Video ini langsung menjadi trending topic menyusul kesuksesan Shinta-Jojo lewat video Keong Racun atau videonya Udin Sedunia.

            Ada hal menarik dari video India ini, tak lain dan tak bukan adalah sosok Norman yang seorang polisi tiba-tiba beralih profesi bak seorang penyanyi dari negeri bollywood. Di tengah kegundahan publik terhadap Institusi Polri sebagai aparat penegak hukum atas tingkah para oknumnya, mulai dari kasus mafia hukum yang melibatkan oknum berpangkat jenderal sampai arogansi oknum yang berpangkat brigadir. Sosok Norman telah membuat wajah kepolisian kita sedikit mencair dan menjadi buah bibir masyarakat bahwa tidak semua polisi di negeri ini bersifat ''mafia dan arogan''.

           Publik sangat apresiatif dan terhibur melihat adegan video sang polisi, wajahnya yang humoris dan gayanya yang kocak membuat masyarakat seakan terasa bersahabat kembali dengan aparat polisi, bahkan di sebuah warung kopi di kota Banda Aceh, masyarakat terlihat bercanda ria dengan seorang polisi ketika sebuah stasiun televisi swasta menayangkan video India-nya Norman dan sesekali seorang pemilik warung kopi mencandai polisi tadi dengan sapaan : " Mas Boy liat tu adek leting-mu!''.

          Sekali lagi, pasca hebohnya video Briptu Norman ala India ini penilaian publik terhadap aparat kepolisian di negeri ini langsung berubah, publik selama ini menilai polisi identik dengan sikap tegang, kasar, galak, arogan dan citra negatif lainnya. Ternyata polisi juga bisa bersikap kocak, humoris, punya bakat seni dan mampu menghibur masyarakat, suatu hal wajar karena polisi juga manusia.

          Akhirnya, sang polisi pun mendadak menjadi seleb dan kebanjiran order tampil di berbagai media layaknya  artis ibukota. Selamat buat Briptu Norman Kamaru!

2 komentar:

Hilmy Nugraha mengatakan...

kasihan ya briptu norman, sebenarnya tidak pengen jadi artis.

media memang lebay.

Reza Purnama mengatakan...

mendengan jadi artis dari pada yang itu, kan lebih banyak duet nya.....

Cari Blog Ini